Porsche memang membuat beragam hal selain kendaraan roda empat yang
sporty. Berbagai desain dituangkan, mulai dari produk sepatu, furnitur,
sampai sepeda motor unik yang lahir pada tahun 1978 dengan nama AMK,
kependekan dari 'Alternatives Motorrad Konzept'.
Ide awalnya
berangkat dari semangat yang muncul pada awal tumbuhnya era transportasi
dengan kendaraan bermotor. Porsche AMK pun dimaksudkan sebagai
kendaraan roda dua 'crossover' bagi para pemakai mobil.
Posisi
duduk tegak dan penempatan kaca di depan membuatnya seakan sebuah 'mobil
dalam wujud roda dua' yang memang dirancang bagi mereka yang terbiasa
mengendarai mobil, tetapi takut untuk mengendarai sepeda motor.
Para desainer di Zell am See membuatnya berdasarkan konsep sepeda motor Yamaha
SR 500 silinder tunggal. Area tertutup pada rodanya terlihat mendukung
aspek aerodinamis sekaligus mengurangi dampak cipratan kotoran dari
jalan. Kursinya pun terlihat ergonomis, dengan ketinggian yang dapat
diatur terlihat memberikan posisi berkendara yang nyaman.
Namun, menurut mahasiswa teknik, desain unik itu justru gagal di
beberapa aspek. Sepatbor, mesin, dan fairing mungkin akan goyah jika
terhajar angin kencang yang datang dari samping. Terlebih lagi, jika ia
digunakan di jalan tol. Ini berlaku di sejumlah negara yang
memperbolehkan sepeda motor masuk di jalur bebas hambatan.
Walau
tak jadi produk massal, bukan berarti 'karier' Porsche telah tamat di
sepeda motor. Banyak yang belum tahu kalau produsen yang berkantor di
Stuttgart, Jerman, ini mengembangkan mesin moge Harley-Davidsons untuk
tipe VR-1000.
0komentar:
Posting Komentar